Minggu, 08 Juli 2012

Manusia Ada karena Mereka Banyak Berbicara

" Kritik yang baik adalah yang membangun , bukan hanya sekedar mencari kelemahan dan keburukan nya saja , untuk saat ini di Indonesia orang-orang yang mengkritik Seni kebanyakan tidak berkarya dan hanya bisa mengamati saja" - Affandy

Jika ditilik dari ucapan Affandy kepada Basuki Resobowo adalah perasaan Affandy yang kecewa tentang sistem mengkritik dari seorang kritikus atau pengamat yang hanya bisa melontarkan kata-kata negatif dengan maksud menyeragamkan masyarakat terhadap objek yang dikritik.

Tidak lain tidak bukan memang kebiasaan masyarakat di negara ini yang tidak membangun satu sama lainnya , yang hanya bisa berkata dan hanya membual tentang keburukan objek yang dikritik tersebut.

Bagaimana ingin membangun sebuah pergerakan yang satu , membangun kebersamaan , rasa saling menjaga dan pengertian jika semua orang di muka bumi ini hanya saja menjadi PEMALAS.

Terlebih lagi kehidupan tinggi seni yang menjadi tolak ukur dari masyarakat  , dimana banyak yang mengatakan bahwa ketika manusia sudah cukup dengan Sandang , Pangan , dan Papan , yang dicari dari gaya hidup untuk sebuah aktualisasi diri mereka adalah menjadi "Penikmat Seni". Jika Seni itu sendiri menjadi bagian dari aspek kehidupan masyarakat , saya sebagai murid dari seorang guru seni melihat ada kejanggalan didalam Seni , banyak yang menyebutnya politik senirupa , politiknya adalah ,JATUHKAN YANG LAIN ATAU KALIAN TIDAK AKAN KAYA.

Saya berharap kedepannya , makin banyak orang yang berfikir tentang bagaimana nasib kesenirupaan di Indonesia , yang tidak hanya melulu menjual dan membeli , sekedar mengucap bagus dan jelek , tetapi saling membangun dan memberi makna didalam kehidupan sosial dan masyarakat.
Jika pelaku didalam kesenirupaan hanya "diam" dan "egois" , untuk apa gembar-gembor soal KONSEP bahwa seniman harus pintar dan cerdas , tidak ada gunanya ketika kalian hanya diam dan sok serius memandangi karya seni di galeri , tidak ada artinya.

Tidak ada artinya juga kalian menulis gagasan dari karya tetapi hanya berujung pada pembukaan , diskusi , dan penutup pameran. Apakah ada perubahan ? Saya tidak merasakannya.

Untuk bagaimana pun , Saya tetap yakin bahwa apa yang saya kerjakan selama ini akan menuai hasil , hanya saja Saya ingin merubah situasi dan kondisi yang seperti ini , Saya merasa sendirian dan oleh karena itu , Saya menjadi bagian dari "kekosongan" yang tidak ada artinya tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar